Manfaat lebah bagi kesehatan

Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika.

Sebagai serangga, ia mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelelenjar lebah betina yang masih muda terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

***

Tahukah anda kalau sebenarnya lebah menghasilkan 4 macam produk. Orang-orang awam hanya tahu madu sebagai produk lebah. Namun selain madu lebah juga menghasilkan royal jelly, bee polen, dan propolis.

Madu

Madu adalah cairan manis yang berasal dari nektar tumbuhan yang diproses oleh lebah pekerja menjadi madu dan disimpan dalam sel-sel sarang lebah sebagai sumber karbohidrat. Di Indonesia, jenis lebah yang paling banyak menghasilkan madu adalah lebah lokal (Apis cerana), lebah liar (Apis dorsata) dan lebah Eropa (Apis mellifera).

Rasa madu ditentukan oleh jenis bunga yang diisap dari tumbuhan sebagai pakan lebah, misalnya: madu randu, madu rambutan, madu kelengkeng, madu kaliandra, madu mangga, madu bunga liar, madu hutan, madu multiflora dll.

Komponen penyusun madu adalah air, gula (fruktosa, glukosa, maltosa, sukrosa), mineral (Ca, Na, P, Fe, Mg, Mn), Vitamin (B1, B2, B5, B6, C) dan Enzim. Madu yang baik adalah madu yang meneuhi syarat mutu melalui uji laboratorium, yaitu: kadar air maksimal 22%, gula pereduksi minimal 60%, sukrosa maksimal 10%, keasaman maksimal 40mL NaOH/kh, aktivitas enzim diastase minimal 3 DN.

Madu sebagai makanan kesehatan dapat bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh sebagai energi seketika, meningkatkan vitalitas dan fungsi seksual, bersifat anti bakteri, anti cendawan dan anti oksidan, mencegah pertumbuhan tumor/kanker, berguna untuk perawatan/pembentukan jaringan dan fungsi reproduksi, mereduksi tekanan piskis/stress. Selain dikonsumsi, penggunaan madu untuk kosmetik sangat baik untuk perawatan kulit, mengencangkan dan menghaluskan kulit.

 

royal jelly (susu untuk ratu lebah)

 Royal jelly adalah hasil sekresi lebah madu yang digunakan dalammemberi gizi larva, serta ratu dewasa. Hal ini disekresikan darikelenjar di hipofaring lebah pekerja, dan diberi makan kepada semualarva dalam koloni.

Para ahli mengenal “Royal Jelly” sebagai extrak “susu Lebah”, berhasiat untuk memperlambat penuaan, menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Hasil  riset telah membuktikan produk ini dapat menjaga dan meremajakan kesehatan otot dan kulit. 

Royal Jelly telah terbukti khasiatnya dan diakui oleh masyarakat selama berabad – abad sebagai suplemen penambah tenaga dan memperlambat penuaan. hasil analisa para ahli, royal jelly mengandung asam amino, mineral dan kaya akan vitamin yang berkhasiat bagi kesehatan. Kandungan utama yang terpenting adalah asam lemak yang sangat jarang dan berkhasiat bagi kesehatan yang terkandung dalam royal jelly. Perlu anda ketahui 4% dari kandungan produk ini masih dalam proses penelitian yang diduga sangat berkhasiat bagi kebugaran tubuh.

Royal jelly berkhasiat sebagai peningkat daya stamina tubuh, membantu pemulihan setelah sakit, menjaga kebugaran tubuh, menjaga proses metabolisme dalam tubuh agar tetap lancar dan menambah daya ingat otak.
Royal jelly adalah ekstrak suplemen bervitamin konsentrasi tinggi yang mengandung : 

  • vitamin B complek  (B1, B2, B3, B5, B6, B8, B9, B12, C, H Inositol dan Asam Folic)
  • Mineral (nikel, kromium, fosfor, belerang, besi, mangan, natrium, potassium, dan masih banyak lagi)
  • 30 macam asam amino

Royal jelly bekerja didalam tubuh secara alamiah melalui proses metabolisme dan syistem syaraf, cocok bagi pengguna yang sering fitness kebugaran, diet, dll. Khasiatnya dapat dibuktikan sendiri.

bee pollen

Bee Pollen berasal dari kata Bee (lebah) dan Pollen (serbuk sari bunga jantan), jadi Bee Pollen berarti Serbuk Sari Bunga Jantan yang diambil oleh lebah dan digunakan sebagai makanan pokok dari seluruh koloni lebah madu.

Istilah yang sering digunakan oleh para peternak untuk Bee Pollen adalah “Roti Lebah”. Proses pengambilan Bee Pollen itu sendiri sangat sederhana. Sewaktu lebah menghisap nektar (bakal madu) dari bunga, serbuk sari bersama nektar dan liur lebah terkumpul kemudian disimpan pada kantung pollen yang terdapat pada kakinya.

Bee Pollen adalah unsur reproduksi jantan pada tumbuhan yang berbentuk debu halus yang berwarna kuning keemasan. Pollen terdapat pada benang sari bunga tanaman. Setiap butir pollen mengandung 100.000 hingga 5 juta spora pollen, yang masing-masing memiliki kemampuan untuk bereproduksi sehingga terbentuklah bunga, buah, padi¬- padian, pohon, dan sebagainya.

 Karena memiliki khasiat sebagai pembangunan sel, penguat diri, maka kegunaan dari konsumsi Bee Pollen menjadi sangat penting bagi perawatan kesehatan, optimalisasi stamina tubuh (tidak mudah lelah) dan meningkatnya daya tahan tubuh secara keseluruhan, baik terhadap bibit penyakit maupun terhadap tekanan fisik dan psikis (kejiwaan).

Oleh sebab itu tidaklah berlebihan bila manfaat Bee Pollen bagi individu sehat antara lain:

  • Mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama sel jaringan otak.
  • Penambahan gizi bagi wanita hamil dan menyusui.
  • Meningkatkan daya berpikir dan daya konsentrasi baik untuk anak, remaja, usia sekolah dan dewasa.
  • Meningkatkan stamina tubuh bagi para penggemar olah raga, untuk mencapai prestasi tertinggi.
  • Meningkatkan daya kekebalan tubuh terhadap berbagai serangan bibit penyakit.
  • Sebagai stabilisator sistem metabolisme tubuh.
  • Mempertahankan dan memelihara sistem reproduksi baik pria maupun wanita.

propolis (air liur lebah)

Propolis dikumpulkan oleh lebah dari tumbuh-tumbuhan atau pucuk muda dan kulit pohon terutama pohon poplar lalu dicampurkan dengan air liurnya, yang digunakan untuk menambal lubang dalam sarang lebah yang sekaligus juga melindungi sarang lebah dari serangan virus, bakteri dan jamur.

Propolis yang berbahan dasar air liur lebah ini, ternyata merupakan obat alami yang bisa dipakai untuk menaklukkan hampir semua jenis penyakit.

Propolis berasal dari bahasa Yunani (pro = sebelum, polis = kota = sistem pertahanan kota). Ia sanggup menyembuhkan diabetes dan gangren, yang merupakan penyakit tidak bisa disembuhkan secara medis, bahkan tanpa suntik insulin dan amputasi.

Penderita kanker stadium lanjut yang telah divonis tidak memliki harapan, juga bisa sembuh dengan propolis. Segala jenis penyakit maut lainnya seperti stroke, sakit jantung, batu ginjal, gagal ginjal, hepatitis, dan bahkan AIDS juga sanggup ia taklukkan.

Tidaklah heran mengapa propolis bisa memberikan keajaiban sedemikian rupa adalah karena kandungan antioksidan 1 tetes propolis = antioksidan 500 buah jeruk. Disamping itu, propolis kaya akan asam amino, vitamin-vitamin, bioflavonoids.

Propolis telah diteliti, dan ditemukan mengandung campuran:

  • 50 hingga 55 persen getah dan balsam
  • 30 persen getah lebah
  • 10 hingga 15 persen minyak alamai
  • 5 persen serbuk lebah
  • Bagian yang paling aktif dari getah ialah bioflavonoid, yang memungkinkan untuk mengontrol mikro-organisme serta membantu meningkatkan daya kekebalan tubuh pada manusia.

Propolis sebagai pengobatan alami, mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai obat untuk berbagai macam penyakit.

Fungsi pengobatan meliputi hal-hal sebagai berikut :

Propolis sebagai antibiotik alami, antiviral dan sekaligus antifungal alami tanpa efek samping.

Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya: thypus, diare/muntaber dan sebagainya. Dapat juga untuk bau ketiak yang sangat mengganggu, karena di dalam lipatan ketiak terdapat bakteri atau jamur yang menyebabkan bau.

Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan virus, misalnya demam berdarah, flu, TBC dan sebagainya.

Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan jamur, misalnya eksim, panu, keputihan, ketombe dan sebagainya.

Propolis sebagai Anti peradangan (infeksi dan luka), misalnya maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, radang ginjal, luka bakar dan sebagainya.

Propolis sebagai anti kanker dan mutagenesis sel, misalnya kanker, tumor, mioma, kista dan sebagainya.

Propolis berfungsi untuk membersihkan pembulu darah dan detoksifikasi.

Propolis berfungsi sebagai pembuangan racun, misalnya asam urat, kolesterol, trigliserin, darah tinggi, jantung, stroke, diabetes mellitus, dan sebagainya.

Propolis juga penyembuh ajaib bagi penyakit seperti ateriosklerosis atau pengapuran pembuluh darah oleh lemak, berbagai infeksi, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, penyakit syaraf, arthritis dan rematik.

Propolis sebagai penetral racun dalam tubuh dan sekaligus anti oksidan kuat.

Propolis meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Propolis sangat baik untuk kesehatan kulit dan berkhasiat luar biasa.

***

Firman Allah dalam surah Al-Qur’an An Nahl Ayat 69 berbunyi :

…Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An-Nahl: 69)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s